• 18 June 2021

๐Ÿฏ๐Ÿฎ๐Ÿฒ ๐—ข๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—Ÿ๐—ฎ๐—ป๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—บ๐—ฎ ๐—ฉ๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐—ถ๐—ป๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—–๐—ผ๐˜ƒ๐—ถ๐—ฑ-๐Ÿญ๐Ÿต ๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐—บ๐—ถ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 termin pertama untuk lansia di wilayah Kabupaten Manggarai dimulai hari ini Rabu (17/3) bertempat di Gedung MCC Ruteng.

Semenjak dimulai pada tanggal 9 Maret 2021 yang lalu, vaksinasi telah menyasar baik kepada pejabat publik maupun kepada masyarakat. Asumpta Djone, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai mengatakan bahwa pelayanan hari ini mencapai angka tertinggi dibanding hari-hari sebelumnya.

“Pelayanan hari Ini berjumlah 490 orang. (Angka) terbanyak sepanjang pelayanan vaksinasi. Rinciannya 4 orang nakes, 326 orang lansia, dan 160 orang pelayan publik,” tutur Asumpta melalui pesan WhatsApp.

Sedangkan untuk tenaga vaksinator berasal dari PKM Kota, PKM Lao, Tim Dinas Kesehatan, RSUD dr. Ben Mboi Ruteng dan penambahan empat Dokter dari PKM Wae Mbeleng , PKM Bangka Kenda, PKM Cancar, dan PKM Watu Alo.”Total ada tujuh dokter yang ikut kegiatan (vaksinasi) hari ini,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, pemberian imunisasi kepada para lansia harus melalui pemeriksaan kesehatan yang sangat teliti sebelum penyuntikan vaksin. Sedangkan untuk kondisi fisik, ada tambahan pertanyaan terkait kondisi kesehatan terkini yang harus dijawab secara jujur demi menghindari KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). (*- Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid 19 Kab. Manggarai)