• 18 June 2021

๐—ฃ๐—”๐—ง๐—˜๐—Ÿ๐—ž๐—œ ๐— ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ถ ๐—š๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฅ๐—ฎ๐—ฝ๐—ถ๐—ฑ ๐—ง๐—ฒ๐˜€๐˜ ๐—”๐—ป๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฒ๐—ป ๐—š๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ถ๐˜€ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ถ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฑ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฃ๐˜‚๐—ป๐—ถ

Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (DPC PATELKI) Kabupaten Manggarai menggelar kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan secara gratis Rapid Test Antigen SARS-CoV-2 dengan sasaran pedagang yang berada di Pasar Puni Ruteng, Jumat pagi (30/4).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari HUT PATELKI ke-35 serta sebagai bentuk dukungan organisasi kepada Pemerintah Daerah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketua DPC PATELKI Manggarai, Tarsisius Pamput, dalam rilisnya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk wujud kepedulian PATELKI terhadap kesehatan masyarakat khususnya para pedagang di pasar, “dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 karena interaksi di pasar sangat tinggi antara pedagang dan pembeli,” tuturnya.

Di lain pihak, hal ini sejalan dengan visi PATELKI sebagai organisasi kesehatan yang mandiri, profesional, peduli, serta aktif dalam peningkatan mutu pelayanan laboratorium medik bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Lebih jauh, dirinya mengatakan bahwa untuk pelaksanaan kegiatan rapid berjalan dengan baik dengan hasil yang menggembirakan. Namun, hal ini tidak sejalan dengan tingkat antusiasme pedagang di mana jumlah sasaran pedagang yang dites tidak mencapai target yang telah ditetapkan. “70 orang, semuanya negatif. Target 100, tapi banyak yang menolak,” ujarnya.

Dirinya pun berharap agar para pedagang lebih berpartisipasi aktif, agar potensi penyebarluasan virus Covid-19 di area pasar bisa diminimalisir. “Melawan Covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan tenaga kesehatan semata melainkan tanggung jawab bersama sebagai anak bangsa,” tuturnya. Selain pelaksanaan Rapid Tes Antigen, DPC PATELKI juga melaksanakan kegiatan pembagian masker gratis, serta mengedukasi dan mengimbau masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (* – Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai)