Ruteng – Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di daerah ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai terus berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga masyarakat akan pentingya mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Sosialisasi dan edukasi tersebut menyisir tempat-tempat yang biasa dipadati oleh warga seperti lokasi pertokoan Ruteng, pasar dan terminal serta tempat keramaian lainnya.

Aksi sosialisasi dan edukasi ini terus dilakukan selama ini, baik itu pada siang hari maupun malam hari. Tim satgas pencegahan penyebaran Covid-19 yang terdiri dari anggota TNI dari Kodim 1612 Manggarai, sejumlah anggota Polres Manggarai, SatPolPP dan Bagian Protokol Setda Kabupaten Manggarai kembali melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga yang berpusat di Kota Ruteng dan sekitarnya pada Jumat (29/5/2020) kemarin.

Selain di dalam kota Ruteng, aksi sosialisasi ini juga dilakukan di sepanjang ruas jalan Ruteng-Labuan Bajo, pasar tradisional Cancar hingga Anam Kecamatan Ruteng, Manggarai.

Saat melakukan sosialisasi masih ditemukan para pengguna jalan yang tidak memakai masker. Kepada mereka, tim ini memberikan edukasi akan pentingnya penggunaan masker untuk melindungi diri dari penyebaran pandemi Covid 19. Tim juga memberikan masker gratis atau meminta masyarakat dimaksud untuk membelinya di tempat penjualan masker terdekat.

Ketua tim pencegahan Covid-19 dari grup TNI Lettu inf Falentinus Lanar selaku Pasi Intel Kodim 1612/Manggarai dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya membangun kesadaran dalam mencegah penyebaran Covid-19 terutama penyebaran melalui transmisi lokal di Manggarai.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terutama untuk mengikuti protokol-protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah, seperti pakai masker, jaga jarak fisik, sering cuci tangan dan sebagainya,” ujarnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan edukasi ini merupakan bagian dari tugas kemanusiaan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di daerah ini.

“Tugas kita adalah pencegahan dan penanganan. Karena itu tugas pencegahan ini paling optimal untuk dilakukan. Kalau pengobatan kita serahkan pada petugas kesehatan. Apalagi di wilayah kita ini telah ada pasien yg terkonfirmasi positif virus corona,” jelasnya.

Sementara itu, AKP Gabriel M Taek, Kasat Sabhara Polres Manggarai dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tugas untuk menyelamatkan semua orang dari paparan virus corona.

“Ini emergensi. Karena itu kita akan memberikan teguran keras kepada para pengendara, atau pengguna jalan yang tidak mengindahkan sosialisasi ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, sebuah mobil pengumuman keliling dikerahkan untuk memberikan himbauan dari Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid 19 Kabupaten Manggarai. Himbauan tersebut terus diperdengarkan kepada warga yang isinya agar warga dapat mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah seperti selalu mengenakan masker, mencuci tangan dengan benar, jauhi kerumunan, serta selalu jaga jarak fisik/physical distancing. (VO-Protokol Kabupaten Manggarai).

admin